Sabtu, 12 Februari 2011

Merdeka vs Kemiskinan

65 Tahun Bangsa Indonesia merdeka namun permasalahan dalam masyarakat khususnya permasalahan kemiskinan hingga detik ini belum bisa terentaskan, terbukti menurut data statistik yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinan Indonesia terhitung Maret 2009 menunjukan pada kisaran angka 14,15% dan untuk Maret 2010 akan masih berkutat pada kisaran angka tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan kondisi ini  sangat dipengaruhi oleh harga-harga yang dikomsumsi masyarakat miskin.

"Sekarang inflasi dari Maret ke Maret diprediksi di bawah 5 persen, jadi ada peluang garis kemiskinan tidak bergerak jauh," ujarnya.

Ia juga menambahkan jumlah pengangguran terbuka turun dari 8,14 persen pada Februari 2009 menjadi 7,87 persen pada Agustus 2009 yang menyebabkan jumlah pekerja tidak penuh di Indonesia meningkat.

Menurut SBY dalam pidato singkatnya mengatakan bahwa tahun 2011 kemiskinan harus bisa ditekan 

"Tekan tingkat kemiskinan hingga 8%", katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, mengatakan bahwa pemerintah menargetkan angka kemiskinan harus turun pada 2011. (one)

Data jumlah dan persentase penduduk miskin menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (Statistics Indonesia)

http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=23&notab=4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Dunia di Jari Anda : belong to Iwan Yogaswara